Cetak

KONSULTASI PUBLIK PENATAAN DAPIL PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014

Ditulis oleh kpugresik on .

kpud-gresikkab.go.id- Rabu (27/02) lalu, KPU Kabupaten Gresik mengadakan Konsultasi  Publik terkait Penataan Dapil Pemilu Tahun 2014. Acara yang bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU Kabupaten Gresik tersebut diselenggarakan setelah  mendapatkan arahan-arahan dari KPU Pusat melalui KPU Provinsi Jatim yang berpedoman pada PKPU no 5 Tahun 2013 tentang tata cara penetapan daerah pemilihan. 

Peraturan tersebut menjelaskan Tujuh prinsip yang mendasari penyusunan Daerah pemilihan anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota, yaitu Kesetaraan nilai suara, Ketaatan pada Sistem Pemilu yang Proporsional, Proporsionalitas, Integralitas wilayah, Berada dalam cakupan wilayah yang sama (Coterminous), Kohesivitas, dan Kesinambungan.

 Di awal pertemuan tersebut, Ketua KPU Kabupaten Gresik telah menjelaskan bahwa pertemuan ini hanya bersifat konsultatif karena yang mempunyai kewenangan penetapan Dapil adalah KPU Pusat berdasarkan pengusulan dari KPU Provinsi dan Kabupaten / Kota yang merupakan hasil konsultasi  bersama publik (Pemerintah, Partai Politik, Organisasi Masyarakat, Akademisi dll.) yang legitimate dan berkualitas. Ketua KPU kabupaten gresik juga menyampaikan bahwa KPU Pusat menyarankan KPU Kabupaten/Kota menggunakan Dapil Pemilu terakhir, yang mana Dapil Kabupaten Gresik pada Pemilu Terakhir adalah Dapil Medium yaitu 7 (tujuh) daerah pemilihan, namun hal ini tidak sepenuhnya mutlak dan tidak menutup kemungkinan terjadi perubahan jumlah Dapil setelah diadakannya konsultasi publik ini. Adapun Dapil Pemilu yang diusulkan KPU Kabupaten Gresik ke KPU Pusat adalah sebagai berikut:

 

NO.

DAPIL

KECAMATAN

ALOKASI KURSI

LAMA

ALOKASI KURSI BARU

1

Gresik 1

Gresik dan Kebomas

8

7

2

Gresik 2

Manyar, Bungah dan Sidayu

9

8

3

Gresik 3

Duduk Sampeyan, Benjeng, Cerme dan Balong Panggang

10

10

4

Gresik 4

Menganti dan Kedamean

7

7

5

Gresik 5

Driyorejo dan wringin anom

6

7

6

Gresik 6

Dukun, Panceng dan Ujung pangkah

7

7

7

Gresik 7

Sangkapura dan Tambak

3

4

JUMLAH

50

50

Pertemuan yang dihadiri oleh Panwaslu, Perwakilan Parpol, Organisasi Masyarakat dan akademisi ini berlangsung lancar dan sharing antara masing-masing stakeholder pun terwujud dengan baik.[]